Kamis, 20 April 2017

Polres Tarakan Punya Gedung Baru, Disini Lokasinya




TARAKAN - Pembangunan gedung baru untuk Mako Polres Tarakan telah diresmikan oleh Kapolda Kaltim, Irjen Pol Safaruddin. Gedung setinggi 4 lantai tersebut dibangun di Jalan Pangeran Aji Iskandar, Kelurahan Juata Laut.

Meski berpindah lokasi yang jauh dari pusat kota, Kapolda menjamin pelayanan keamanan kepada masyarakat tidak akan menurun.

“Gedungnya akan baru dan megah, nantinya pelayanan bisa lebih maksimal. Diharapkan polisi dapat meningkatkan pelayanan dan memberikan rasa aman kepada masyarakat. Kedepannya Tarakan juga pasti akan berkembang, jadi masalah sepi atau jauh, cepat atau lambat, tidak akan terasa,” kata Irjen Pol Safaruddin usai melakukan peletakkan batu pertama pembangunan Mapolres Tarakan, Selasa (18/04/2017).

Lanjut Kapolda, pembangunan gedung baru dilakukan seiring dengan meningkatnya populasi penduduk serta melihat posisi Tarakan yang menjadi pusat ekonomi di Kaltara. Hal ini berpotensi menimbulkan peningkatan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan, maka keberadaan gedung baru ini akan sangat bermanfaat bagi Polisi yang tugasnya melindungi dan mengayomi masyarakat. Kan gedung baru kita sudah dibantu sama pemerintah kota, sekarang menjadi tugas Kapolres untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam penuh,” ujar dia.

Selain itu, tingkat kerawanan untuk tindak kriminalitas di Tarakan juga dapat menjadi atensi untuk meningkatkan tipe Polres Tarakan menjadi Polres Kota Besar (Polrestabes).

“Kedepan akan kita lihat lagi, jika dirasa ancaman kerawanan dan potensi kriminalitas meningkat dan berkembang, maka (Polres, red) akan kita tingkatkan jadi Polrestabes,” katanya.

Secara terpisah, Kapolres Tarakan AKBP Deary Supit menuturkan, awalnya opsi lokasi pembangunan Mapolres Tarakan berada di Kelurahan Pantai Amal, Juata Laut dan perombakan gedung lama di Jalan Yos Sudarso.

“Karena gedung Pemkot diakabarkan akan pindah ke Juata, maka kita meminta lokasi di Juata  juga, jadi nantinya Juata juga akan berkembang. Untuk pelayanan keamanan kan sudah ada Polsek Barat, Tengah dan Timur jadi pengaman akan tetap sama. Selain itu, kalau masyarakat mau laporan juga bisa langsung ke Polsek,” tuturnya.

Gedung baru Mapolres Tarakan dibangun di areal lahan seluas 1500 meter persegi. Selain dilengkapi dengan ruang rapat yang mampu menampung 400 orang, gedung baru ini juga dilengkapi dengan ruangan rutan yang lebih banyak dan representatif untuk para tahanan.

“Penampungan tahanan saya belum lihat namun lebih besar dari polres yang sekarang. Lebih aman juga karena berada di lantai 2 tau 3. Anggaran dipakai sekitar Rp 43-Miliar, dan rampung pada akhir 2018. Kalau gedung lama itu nanti dipakai untuk Satlantas,” tutupnya.

Sumber: lensakaltara.com