Senin, 15 Mei 2017

Kaltara Juara 2 Stan Terbaik Gebyar Wisata dan Budaya


PROMOSI : Kepala Dispar Kaltara, Ahmad Hairani berfoto bersama di depan stan Kaltara pada pameran Indonesia Natural Product Expo 2017 dan Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara 2017 di Jakarta, beberapa hari lalu.

KOMANDOKALTARA.COM - Jakarta – Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Utara (Dispar Kaltara) meraih juara 2 stan terbaik pada gelaran pameran Indonesia Natural Product Expo 2017 dan Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara 2017 di Jakarta. Dalam event yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama PT Wahyu Promo tersebut, dipamerkan berbagai produk wisata menarik dari seluruh daerah di Indonesia.

Event yang diikuti 125 peserta terdiri dari Dispar seluruh provinsi dan kabupaten dan kota di seluruh Indonesia tersebut, dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden (Wapres), H Jusuf Kalla.
Kepala Dispar Kaltara, Ahmad Hairani menyebutkan, salah satu arahan Wapres Jusuf Kalla adalah setiap produk makanan dan minuman yang berasal dari daerah di Indonesia untuk bersinergi dengan Dispar agar dapat menarik wisatawan.

Menurutnya, lanjut Hairani, dewasa ini banyak kecenderungan atau pilihan yang tentunya harus menjadi perhatian dan usaha untuk memajukan Indonesia, salah satunya adalah pengobatan yang berasal dari bahan alami, bukan kimia yaitu jamu yang telah mulai mendapatkan tempat di pasar dunia. “Indonesia harus segera menanggapi tren dunia yang ingin kembali kepada alam atau back to nature yang mengutamakan produk-produk alami dalam kehidupan sehari-hari. Korea, misalnya menjadikan ginseng sebagi produk dan membuat ekonominya maju dan China dengan obat-obat herbalnya,” katanya, Jumat (12/5).

Oleh karena itu, Wapres berharap melalui Indonesia Natural Product Expo 2017, para produsen jamu dapat mempromosikan dan memperluas pasarnya. “Nah, di Kaltara punya banyak produk makanan dan minuman olahan sendiri, juga obat herbal. Untuk mendorong itu semua, butuh penelitian yang baik, baik itu pasar juga penerimaan pasar yang baik, kita sebenarnya bisa,” sebutnya.

Untuk itulah, menurut Hairani, pameran produk ini bersama Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara diharapkan mendukung kegiatan ekonomi di bidangnya. “Tentunya harapan Wapres untuk mensinergikan produk makanan dan minuman di Kaltara dengan Dispar dapat diterima dan kita capai dengan baik, untuk menarik wisatawan lokal dan mancanegara,” tuntasnya.(an-sor)