Rabu, 31 Mei 2017

Panitia STQ Siapkan 41 Hotel di Tarakan

Humas Provinsi Kaltara


KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR – Perhelatan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-24/2017 Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) dipersiapkan dengan matang.

Sejumlah rapat internal panitia provinsi maupun lokal digelar. Dikatakan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kaltara H Badrun, setiap rapat yang digelar dimanfaatkan untuk memantapkan dan menguatkan kelembagaan panitia. Sekaligus melakukan reevaluasi terhadap setiap kegiatan yang telah dilaksanakan sejauh ini, pasca peluncuran STQ 21 Mei lalu.

Dari hasil rapat yang ada, diketahui bahwa penyelenggaraan STQ Nasional terakhir ini, mengangkat nilai kedaerahan. Ini tersirat dalam logo STQ Nasional ke-24/2017 Kota Tarakan.

“Pada logo STQ ini, kami mencoba menggambarkan keanekaragaman suku di Kaltara. Hal itu tergambarkan pada warna yang digunakan dan bentuk logonya,” kata H Badrun, baru-baru ini.

Untuk persoalan akomodasi dan transportasi para kafilah peserta STQ nantinya, H Badrun meyakini bahwa hal tersebut sedianya dapat ditangani dengan baik. Keyakinan itu dikarenakan fasilitas hotel atau penginapan di Kota Tarakan cukup memadai dari segi jumlah.

“Ada 41 hotel yang rencananya akan digunakan untuk pemondokan kafilah. Hingga pekan terakhir Mei, tercatat kafilah dari 27 provinsi sudah melakukan reservasi akomodasi,” jelas H Badrun.

Adapun jumlah kamar yang tercatat oleh panitia dari setiap hotel dan penginapan yang akan digunakan, sebanyak 1.443 ruang kamar.

“Jumlah ini cukup memadai, karena sampai pekan terakhir Mei, ada 1.241 orang kafilah yang terdata dan meregistrasi ke sekretariat panitia,” ungkap H Badrun.

Guna memudahkan para kafilah itu, panitia provinsi menyediakan pendamping atau Liaison Officer (LO) untuk setiap kafilah. Untuk penunjukkan LO, panitia berkoordinasi dengan setiap kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se Kaltara. LO itu akan bertugas menjalin hubungan antara panitia dengan kafilah dengan berkomunikasi dan mengkoordinasikan sebuah kegiatan. LO juga dituntut berusaha menciptakan kondisi yang nyaman, karena diharapkan dengan mood yang tetap baik, para tamu yang hadir bisa tampil secara maksimal.

“Kepada seluruh masyarakat Kaltara, mari kita sukseskan STQ. Dan, kepada para aparat keamanan, dimohon dukungannya demi kelancaran pelaksanaannya,” tutup H Badrun.(Yanie)