Selasa, 20 Juni 2017

Survei Demokrat Sudah Jalan 30 Persen

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Menjelang tahapan Pemilihan Walikota (Pilwali), Partai Politik (Parpol) berlomba-lomba untuk melakukan survei terhadap para bakal calon (balon)  yang mendaftar. Tak terkecuali Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Tarakan. 

Ketua DPC Partai Demokrat Tarakan, Herman Hamid mengungkapkan bahwa, pihaknya telah melakukan survei sampai dengan 30 persen terhadap keempat balon yang mendaftar. Keempat balon tersebut antara lain, Sofian Raga, dr Khairul, Drs Badrun dan Joko Slamet. Hanya saja, sementara waktu ini, survei tersebut dihentikan sementara mengingat masih dalam momen Ramadan. 

"Kita sudah melakukan survei. Saat ini sudah mencapai 30 persen. Insyaallah usai lebaran kita lanjutkan. Karena fisik tim survei kita juga berpuasa. Jadi fisiknya juga lemah," ungkap Herman Hamid, Selasa (20/6).

Lebih lanjut anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tarakan ini, survei iti menggunakan 400 koresponden di 20 kelurahan dan 4 kecamatan yang ada di Tarakan. Untuk tingkat margine erornya sendiri mencapai 5 persen. "Kami berusaha meminimalisir margine eror menjadi 2 persen dengan mengangkat 600 koresponden," kata Herman. 

Meskipun demikian, untuk meminimalisir margine eror tersebut, pihaknya akan melihat kondisi lapangan lagi. Untuk survei ini sendiri, menggunakan lembaga survei lokal yang kredibel dan memakai dasar ilmiah serta melibatkan mahasiswa.

"Kalau pertanyaan siapa balon sementara yang memiliki survei tertinggi, saya belum bisa bocorkan. Karena itu masih rahasia. Nanti kalau surveinya sudah rampung, baru bisa saya unumkan. Yang jelas, survei ini sesuai dengan yang dilakukan oleh pusat yang menggunakan 400 koresponden," ujarnya. 

Setelah survei ini rampung, hasilnya akan dilaporkan ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD). Hasil survei ini, menjadi bahan pertimbangan untuk siapa yang akan diusung nantinya. Pada Juli 2017 mendatang, DPD akan menyerahkan berkas dengan melampirkan hasil survei tersebut ke DPP setelah berdiskusi dengan DPC. "Juli rencana akan dibawa berkasnya ke DPP," tandasnya. (Yanie