Kamis, 13 Juli 2017

Kapolri Minta Kaltara Segera Siapkan Lahan untuk Mapolda

KOMANDOKALTARA.COM - JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian meminta agar Pemprov Kalimantan Utara (Kaltara) segera menyiapkan lahan untuk rencana pembangunan Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Kaltara. 

Demikian disampaikan Kapolri saat menerima Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie di rumah dinasnya di Jalan Patimura No. 37 Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Selasa  (11/07) malam sekitar pukul 22.45 Wita kemarin. 

Dijumpai usai bertemu dengan kapolri, gubernur menyampaikan terima kasihnya, karena di tengah kesibukan yang sangat padat, Kapolri menyempatkan waktu untuk menerima kedatangannya.
"Dalam diskusi dan konsultasi yang singkat tadi, Pak Kapolri menjelaskan tentang rencana pembentukan Polda Kaltara dan pembangunan Mapolda Kaltara," ujar Irianto.

Dalam kesempatan itu, gubernur  melaporkan kepada Kapolri secara singkat terkait kerjasama dan  dukungan Pemprov Kaltara dalam rangka pelaksanaan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) Polda Kaltim, yang sementara ini membawahi juga wilayah Kaltara. 

"Pak Kapolri meminta dan mengharapkan dukungan pengadaan lahan untuk lokasi pembangunan Mapolda Kaltara di Tanjung Selor, dan ada tahap awal juga memberikan bantuan dana hibah untuk operasional pelaksanaan tupoksi Polda Kaltara," ujarnya. 

Kapolri, kata gubernur, menjelaskan, bahwa hal yang sama juga dilakukan oleh Pemprov Papua Barat dan Pemprov Sulawesi Barat, yang Poldanya baru terbentuk. 

Menanggapi hal itu, gubernur menegaskan, pada prinsipnya Pemprov Kaltara akan mendukung sepenuhnya pembentukan Polda Kaltara sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan dan  kewenangan Gubernur yang telah diatur dalam Undang-Undang.

"Kami sangat mendukung. Termasuk mengenai lahan, yang sudah disiapkan di kawasan kota baru mandiri Tanjung Selor," ujarnya.

Disampaikan juga, Kapolri memberikan respons positif dan menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama yang telah diberikan Pemprov Kaltara dalam pelaksanaan tupoksi Polri di Kaltara selama ini. "Beliau (Kapolri) akan meminta Kapolda Kaltim untuk melakukan koordinasi lebih lanjut dengan Gubernur Kaltara," tandasnya.

Selain mengenai pembentukan Polda Kaltara, kepada Kapolri, gubernur juga memaparkan secara singkat mengenai kondisi Kamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) di Kaltara. Khususnya terkait dengan masalah maraknya penyelundupan narkoba dari Malaysia dan antisipasi terhadap rembesan terorisme dan paham radikalisme dari negara tetangga, khususnya dari Filipina Selatan. 

"Terkait keamanan di Kaltara sebagai wilayah perbatasan, Pak Kapolri memberikan tanggapan yang positif dan serius untuk penanganan yang lebih intensif sesuai tupoksi Polri," imbuhnya.

Gubernur yang malam itu didampingi Sekretaris Provinsi H Badrun, diterima oleh Kapolri di salah satu ruangan di kediaman dinasnya. Kapolri menyempatkan untuk menerima gubernur Kaltara, meski malam itu cukup sibuk, karena bersamaan sedang ada acara di rumah dinas Kapolri. (Humas / Yanie)