Rabu, 30 Agustus 2017

ASN Diminta Dukung Layanan Percepat Birokrasi

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR-Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) H Badrun menyampaikan, untuk mendukung terwujudnya sistem kerja yang baik dalam birokrasi, seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) harus menjadi teladan dan terdepan dalam memberikan pelayanan kepada  publik. 

“Keteladanan dalam pelayanan, seperti menjaga  kesopanan, dan memberikan kemudahan dalam pelayanan perlu dilakukan oleh seorang ASN. Agar publik merasakan peningkatan kualitas layanan birokrasi. Sikap-sikap dalam pelayanan itu perlu diimbangi dengan penyesuaian diri terhadap perkembangan teknologi informasi atau elektronik digital agar pelayanan birokrasi semakin terdepan,” ujar Sekprov, Selasa (29/8). 

Nilai prinsip-prinsip pelayanan publik, menurut Badrun, sejak 2009 lalu telah dicanangkan. Dirinya menambahkan, dalam pelayanan, ASN harus bisa memberikan contoh baik dan jangan menjadi cermin yang tidak baik. “Tipe kepimpinan dalam birokrasi berbeda-beda, ada yang begitu semangat mengejar target kerja namun ada pula yang hanya punya mimpi saja sehingga  tidak memiliki progres kerja,” ujar H Badrun.

Pemimpin yang unggul, sebut H Badrun, yakni mereka yang memiliki visi dan strategi serta komitmen menerapkan aturan baik dalam  perilaku maupun ucapan. “Seorang pimpinan harus memberikan contoh sifat dan juga perilaku terpuji,” jelasnya.

Selain itu, H Badrun juga mengimbau agar seluruh jajaran pimpinan ASN harus aktif memimpin perubahan. Para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di pemerintah daerah adalah ‘para menteri kecil’ yang menjadi jajaran pemerintahan daerah, yang menjalankan sebagian tugas dan fungsi pimpinan daerah. Karena itu, seluruh jajaran pimpinan ini harus turut aktif melakukan perubahan untuk memajukan masing-masing daerah. 

“Seluruh pimpinan SKPD tidak boleh terlena dengan fasilitas kantor yang diberikan kepadanya, tetapi harus bekerja keras mewujudkan target-target yang diberikan kepadanya, memimpin seluruh stafnya untuk bekerja dalam tim, aktif mendengarkan keluhan-keluhan masyarakatnya, dan secara terus-menerus mencari terobosan dan inovasi-inovasi untuk memperbaiki kinerja dan kualitas pelayanan yang dilaksanakan oleh unit kerjanya,” tuntasnya.(Humas / Yanie)