Kamis, 14 September 2017

Gubernur Kaltara sudah Menjawab Tugas Presiden

Dr Ir Siti Munifah 


KOMANDOKALTARA.COM - KETUA Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang Dr Ir Siti Munifah menilai, Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) telah menjawab tugas Presiden dengan terus membangun sumber daya dari wilayah pinggiran.

Sebagai wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, Provinsi Kaltara terus berupaya membangun SDM (Sumber Daya Manusia) yang tangguh dan berdaya saing. Munifah menyebut, sebanyak 18 mahasiswa baru STPP Malang tahun 2017 berasal dari Kaltara. “Jika diberi kesempatan, seluruh anak bangsa dari manapun berada, bisa  menjadi putra-putri terbaik,” ujarnya.

Kepada Gubernur Kaltara dan rombongan yang hadir ke kampusnya, Munifah menjelaskan bahwa STPP Malang memiliki sarana dan prasarana (sarpras) terluas di antara kampus serupa di tempat lain. Untuk diketahui, selain Malang, STPP terdapat di lima daerah yaitu Medan, Bogor, Magelang, Gowa, dan Manokwari.

Memiliki lahan seluas 138 hektare, STPP Malang didukung dengan sarpras yang memadai. Kendati demikian, sebagaimana tujuan pendidikan vokasi, lanjut Munifah, STPP Malang juga bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang menjadi mitra dalam perkuliahan berbasis teaching factory.

Munifah juga menyampaikan, hingga kini jumlah tenaga pengajar sebanyak 55 orang, meliputi 46 dosen organik dan selebihnya calon dosen tetap.  “Kualifikasi pendidikan dosen S3-nya paling banyak dibanding yang lain. Ini menjadi faktor pendukung dalam penyelenggaraan pendidikan di STPP,” ujar Munifah.

Dengan dikirimnya putra daerah ke STPP Malang, kata dia, harapan Gubernur Kaltara untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian dapat terwujud dengan baik.

Ditambahkannya, dalam membangun pendidikan karakter mahasiswa, STPP Malang dibantu oleh TNI dari Rindam V Brawijaya dan Divif 2 Kostrad.

Karena itu dia berharap, dengan kehadiran langsung ke kampus STPP Malang, Gubernur Kaltara semakin yakin  dalam membangun SDM, terutama di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). (Humas / Yanie)