Selasa, 24 Oktober 2017

Kaltara Juara Gertam Cabai Kategori Prospek Terbaik

Humas Provinsi Kaltara
PROSPEK TERBAIK : Ketua TP PKK Kaltara Hj Rita Ratina Irianto bersama jajarannya, dan Kepala DPKP Kaltara Andi Santiaji P berfoto bersama usai menerima piagam pengharaan Juara Gertam Cabai Kategori Prospek Terbaik di sela peringatan HPS ke-72 di Pontianak, Kalbar, beberapa hari lalu.


KOMANDOKALTARA.COM - PONTIANAK – Bersamaan dengan peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) yang digelar di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) beberapa waktu lalu, juga dilakukan pemberian penghargaan dalam beberapa bidang. Utamanya dalam kaitannya dengan pangan. 

Kalimantan Utara (Kaltara) termasuk salah satu provinsi yang meraih penghargaan tersebut. Yaitu menjadi juara dalam program Gerakan Tanam (Gertam) Cabai untuk kategori Prospek Terbaik. Gerakan ini sendiri digalakkan Pemerintah Pusat beberapa waktu lalu, dalam rangka menekan harga cabai yang sempat melambung tinggi. “Alhamdulillah, kita dapat juara. Ini semua atas usaha Pemerintah Provinsi (Pemprov) bersama Tim Penggerak PKK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kaltara dalam mensosialisasikan gerakan pemerintah untuk melakukan pemanfaatan halaman rumah untuk penanaman cabai,” ujar Hj Rita Ratina Irianto, Ketua Umum TP PKK Kaltara usai menerima penghargaan. 

Rita mengatakan, tema Hari Pangan Sedunia kali ini, adalah menggerakkan generasi muda dalam membangun pertanian menuju Indonesia Lumbung Pangan Dunia. Menurutnya, tema yang dipilih Pemerintah Pusat sangat tepat dan mengena dengan kondisi yang terjadi saat ini. “Kita tahu bahwa saat ini petani kebanyakan sudah berusia lanjut. Hal ini dikarenakan para pemuda lebih dominan untuk bekerja di kantoran ketimbang bertani. Padahal bertani juga memiliki prospek keuntungan yang besar,” ujar Rita.

Karena itu, lanjutnya, perlu ada upaya untuk menarik minat anak muda dalam membangun pertanian, terutama di Kaltara. “Saya berharap ada kerjasama yang kuat, baik dari pemerintah, swasta, petani, dan pelaku pertanian lainnya. Agar nantinya dapat mewujudkan ketahanan pangan di Kaltara,” ujar Rita.

Sebagai Ketua Umum TP PKK Provinsi Kaltara, Rita memenuhi undangan dalam peringatan HPS ke-37 tersebut bersama Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Andi Santiaji Pananrangi yang mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie. 

Kegiatan HPS ke-37 juga diisi dengan berbagai kegiatan. Salah satunya dengan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman berbasis sumber daya lokal. Di mana, dalam lomba tersebut Kaltara mendapat juara harapan 2. 

“Kita bersyukur setiap kegiatan yang kita ikuti, selalu mendapat juara. Mudah-mudahan ini dapat menjadi sebagai sarana kita dalam mempromosikan Kaltara di kancah Nasional,” tutupnya.(Humas / Yanie)