Senin, 15 Januari 2018

Begini Kronologis Kapal Ponton Nabrak Dermaga SDF


KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Para penumpang yang berada dipelabuhan Tengkayu 1 SDF tadi pagi sekira pukul 07.00 wita sempat dilanda kepanikan. Pasalnya, sebuah Kapal TB. KSA/ BG. INTAN 7504 yg sedang melintas di depan dermaga Tengkayu 1 tiba-tiba terdorong oleh gelombang dan kencangnya angin sehingga menabrak Dermaga pelabuhan tersebut, Senin (15/01/2018).

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Tarakan, Letkol P Abdul Rahman Melalui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli, Syaharuddin Menceritakan kronologis kejadian.

"Kapal sementara bergerak di wilayah Bandar, saat sedang bergerak kondisi cuaca hujan, sedang keadaan air laut bergelombang mencapai 0.50 ss 0.70 cm, dan tiba-tiba cuaca berubah menjadi Ekstrim," jelasnya. 

Lanjut Syaharuddin, berubahnya cuaca tersebut membuat kapal ponton tersebut terbawa gelombang hingga menghantam dermaga pelabuhan SDF. "Tiba-tiba cuaca berubah ekstrim disertai hujan hujan dan gelombang mencapai 1.00 meter hingga 1.50 meter. Angin bertiup dari barat ke timur dan Ponton tersebut menabrak Dermaga keberangkatan Tengkayu 1 dan Sb. Minsen Express pada bagian pagar yg saat itu sedang Embarkasi Penumpang Untuk berangkat tujuan Tanjung Selor," lanjutnya. 

Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, dan hanya ada kerusakan pada bagian dermaga.  "Atap Dermaga Keberangkatan itu rusak dan Pagar buritan Speedboat SB.Minsen Express Mengalami kerusakan sehingga speed itu batal berangkat," tuturnya. 

Selain itu, Sekitar pukul. 08.00 wita Posisi BG. INTAN 7504 yg ditarik TB.KSA Berhasil keluar dan lepas dan menuju tempat berlabuh yang aman. Dalam kejadian ini dan cuaca yang kurang baik pelayaran keberbagai tujuan di Kaltara tertunda hingga 1 jam. 

"Jadi sekira pukul 08.48 wita keberangkatan kapal dan speedboat reguler kembali di buka setelah kondisi cuaca aman dan membaik. Saat ini kondisi Dermaga SDF dalam kondisi aman dan lancar," tutupnya. (AD/YN)