Jumat, 16 Februari 2018

Gubernur Menyerahkan Bantuan Program Bantuan Rumah Swadaya Di Sebatik

KUNJUNGAN : Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat mengunjungi SMK N I Sebatik Barat Kabupaten Nunukan.(15/2).

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN - Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr. H. Irianto Lambrie hari ini (15/2) melakukan Kunjungan Kerja ke Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan. Berkaitan dengan agenda Gubernur Kaltara tersebut, Wakil Bupati Nunukan Ir. H. Faridil Murad, SE., MT beserta rombongan Muspida dan Kepala OPD terkait menuju ke Pelabuhan Mantikas Sebatik untuk menyambut kedatangannya. 

Gubernur Kaltara didampingi Wakil Bupati Nunukan beserta rombongan menuju SMK N 1 Sebatik sebagai pilihan rute pertamanya. Beliau meninjau pembangunan ruang praktek siswa SMK N 1 Sebatik Barat yang pengerjaannya telah mencapai 90%. Pada kesempatan tersebut, Irianto Lambrie menyampaikan perasaan bangga dan senangnya karena dapat kembali berada di Pulau Sebatik. Beliau pun mengatakan, nantinya akan diadakan program khusus untuk Guru dan Kepala Sekolah yang berprestasi. Pada kunjungan di SMK N 1 Sebatik tersebut, Gubernur Kaltara dan rombongan menyempatkan untuk melihat ruang praktek siswa dan asrama yang diperuntukan khusus untuk anak-anak yang orang tua atau keluarganya bekerja sebagai TKI di Sabah, Malaysia. 

Selanjutnya, Gubernur dan rombongan langsung melanjutkan perjalanan menuju lokasi penerima bantuan Program Bantuan Rumah Swadaya di Desa Sei. Limau. Dalam perjalanan, rombongan melewati Jalan Lingkar Sebatik, sekaligus melakukan monitoring di beberapa titik jalan yang sudah mengalami longsoran. “Permasalah ini sudah ditangani atas usulan Pemerintah Kalimantan Utara dari Kementerian Pekerjaan Umum,” ujar Irianto Lambrie menanggapi. 

Tak hanya sampai disitu, Gubernur Kalimantan Utara didampingi Wakil Bupati Nunukan bersama dengan rombongan kembali melanjutkan perjalanan untuk meninjau pembangunan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Desa Sei. Pancang. Di lokasi tersebut, beliau memonitoring beberapa bangunan dan peralatan di antaranya, Tempat Pelelangan Ikan (TPI Higienis), Integrated Cold Storage (ICS), dan Alat Pendeteksi Ikan yang teknologinya saat ini hanya digunakan di 2 (dua) Provinsi di Indonesia, salah satunya Prov. Kaltara. Pada kunjungan kerja ini, Gubernur beserta rombongan juga menyinggahi Ruang Terbuka Publik (RTP) Aji Kuning. 

Selanjutnya, Irianto Lambrie dan rombongan melakukan Panen Raya Padi di Desa Tanjung Aru Sebatik sebelum mengadakan Silahturahmi dan Dialog bersama masyarakat Sebatik, termasuk Camat, Kepala Desa, Ketua BPD dan tokoh masyarakat se-Pulau Sebatik Kab. Nunukan. Dalam dialog tersebut, Irianto menyampaikan bahwa “khusus Pemimpin Pulau Sebatik wajib mensyukuri apa yang sudah didapatkan. Masyarakat khususnya di Pulau Sebatik diharapkan bisa mandiri." Demikian tanggpan Irianto Lambrie atas pertanyaan dari salah seorang warga. 

Sementara Bupati Nunukan dalam sambutan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Nunukan, mengucapkan Selamat Datang kepada Gubernur Kaltara atas Kunjungan Kerjanya di Kab. Nunukan khususnya Pulau Sebatik. Beliau juga menjelaskan proses pembangunan yang telah dilakukan untuk mewujudkan Visi dan Misinya dalam memajukan Kab. Nunukan. “Kami masih menemui banyak kendala dalam melaksanakan percepatan pembangunan di kawasan perbatasan. Untuk itu melalui kesempatan yang baik ini, kami mohon kiranya Bapak Gubernur berkenan untuk terus memberikan dukungan serta arahan bagi pemerintah daerah dan masyarakat Nunukan”, harap Laura menutup sambutannya. 

Kegiatan Kunjungan Kerja Gubernur Kalimantan Utara tersebut, berakhir siang hari dan beleiau bersama rombongan langsung menuju Pelabuhan Sei. Pancang untuk bertolak kembali ke Tarakan. (MRP/RDJ/YN)