Jumat, 16 Februari 2018

Irianto Meninjau Sebatik, Ini Pesan Gubernur Kaltara Untuk Sebatik

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Sekitar pukul 09.00 Wita, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie tiba di Sebatik dan langsung meninjau Sekolah Menengan Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sebatik Barat.
Selain bertemu dengan guru-guru, Irianto juga bertemu orang yang memiliki asrama untuk menampung siswa-siswi anak TKI ini. Ia sekaligus meresmikan Ruang Praktik Siswa dan Perpustakaan sekolah. Setelah dari SMKN 1 Sebatik Barat, Irianto melanjutkan perjalanannya dengan meninjau salah satu rumah warga yang mendapatkan bantuan rehab dari pemerintah.
Setelah itu, Irianto juga meninjau proyek perbaikan jalan di Sebatik. Ada puluhan titik longsor disepanjang jalan negara diwilayah itu. Beberapa diantaranya sudah dilakukan perbaikan. ''Pada 2017, melalui APBN sudah dialokasikan sekitar Rp 62 Miliar untuk memperbaiki sejumlah titik jalan yang rusak, tahun ini akan dilanjutkan lagi hingga semua kerusakan bisa diperbaiki'', Ungkap Irianto.

Irianto melanjutkan perjalanannya menuju Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT). Dilokasi tersebut akan menjadi pusat kegiatan para nelayan, mulai dari tempat pelelangan ikan, keamanan dan lain-lainnya. ''Tahun dialokasikan anggaran Rp 29 Miliar untuk menuntaskan proyek SKPT yang sempat tertunda penyelesaiannya'', Ujar Irianto.Tak hanya itu, Irianto juga menyerahkan bantuan di bidang kelautan dan perikanan. Diantaranya bantuan untuk petani pembuat garam, bantuan alat-alat untuk nelayan dan benih dan pakan ikan kepada para pembudidaya.

Dalam perjalanannya, tak lupa Irianto menyempatkan diri untuk meninjau Rumah Sakit Pratama di Sebatik, yang sementara dalam tahap pembangunan. ''Insyallah tahun ini sudah selesai, dan selanjutnya kita usulkan untuk pengadaan alat kesehatannya'' Kata Irianto.

Terakhir Irianto bersama Wakil Bupati Nunukan, Ketua DPRD Nunukan dan beberpa kepada OPD melaukakan panen raya di Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik. ''Allhamdulillah hasil padi para petani di Sebati sangat bagus, saya berharap ini terus ditingkatkan. Kuncinya adalah semangat, kerja keras dan terus berinovasi'' Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Irianto dan dengan para camat, kades serta tokoh-tokoh masyrakat Sebatik sempat melakukan perbincangan tentang banyak hal mengenai perbaikan dan kemajuan Sebatik sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia.

Dari serangkaian tinjauan dan kegiatan yang dilakukannya, ia menyimpulkan, bahwa masyarakat Sebatik harus banyak-banyak bersyukur, sebab Posisi geografis di daerah perbatasan dan merupakan terluas, Sebatik banyak mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Baik dari pusat maupun pemerintah Provinsi.

Pesan Gubernur Kaltara ini kepada masyarakat sebatik adalah. Daerah perbatasan memiliki kerawanan tinggi. Baik human trafficking, Narkoba maupun Terorisme. ''Makanya saya berharap semua warga selalu waspada dan mencegah. Utamanya kepada anak-anak kita. Mari kita jaga kebersamaan, dan menjaga anak kita dari pengaruh buruk, serta menjaga anak-anak dan anggota keluarga kita dari bahaya Narkoba'' Tutupnya. ( YN )