Rabu, 21 Februari 2018

Panitia Pemungutan Suara (PPS) Akan Melakukan Penyusunan Daftar pemilih Sementara (DPS)

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) sudah merampungkan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih, pada hari Minggu (18/2) akhir pekan lalu. 

Pada tanggal 19 februari kamren hingga 14 maret nanti, panitia Pemungutan  Suara (PPS)  akan melakukan penyusunan daftar hasil pemuktahiran data coklit untuk menjadi Daftar pemilih Sementara (DPS)  

Teguh Dwi Subagyo menuturkan, dalam laporan PPDP sudah diserahkan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), coklit sudah selesai 100 persen. “Artinya, PPDP sudah melakukan pekerjaan secara maksimal. Tapi, kita tetap harus transparan, ketika misalnya ada masyarakat yang mungkin lepas dari pantauan dan belum terdata. Karena, PPDP kan hanya manusia biasa dan artinya memungkinkan ada masyarakat yang belum terdata,” ujarnya, ditemui di ruangannya, Selasa (20/2) kemarin

Warga juga harus disiplin administrasi kependudukan, pindah lapor, KTP juga harus diganti dengan alamat baru yang permanen, supaya enak pendataannya,” tandasnya. 

Karena itu, kata dia siapa saja masyarakat yang merasa belum masuk dalam pantauan PPDP segera lapor ke petugas PPDP atau Ketua RT setempat. Sebenarnya, tidak semua Ketua RT merupakan petugas PPDP, tetapi Ketua RT bisa protes kepada PPDP jika ada warganya yang belum terdata. 

“Jadi silakan lapor, masih ada waktu sampai 4 Maret untuk lapor, sepanjang penuhi syarat. Yaitu, harus membawa KTP elektronik, kalau ternyata tidak ada, silahkan lapor saja, nanti kita akan masukkan ke dalam data KTP non elektronik, nanti akan didata PPK dan akan diteruskan KPU dan selanjutnya dikonfirmasi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil),” katanya (Atr / yn)