Selasa, 27 Februari 2018

Satreskrim Polres Tarakan Kembali Melakukan Penangkapan Pupuk Bersubsidi Dari Daerah Bulungan

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN – Unit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Satreskrim Polres Tarakan kembali melakukan penangkapan terhadap pupuk yang bersubsidi siap edar di Kota Tarakan, pada kamis (15/2) sekira pukul 10.00 wita.

Saat dikonfirmasi Kapolres Tarakan AKBP Dearystone Supit, melalui Paur Subbag Humas Ipda Taharman menjelaskan, pihaknya melakukan pengamanan terhadap 300 karung pupuk yang berjeniskan urea dan phonska bersubsidi asal Kabupaten Bulungan.

"Jadi kita amankan pupuk itu di gudang penyimpanan di Beringin 2 yang terletak di Kelurahan Selumit Pantai," jelasnya, selasa (27/2).

Lebih lanjut Tharman menjelaskan, untuk kepemilikan pupuk tersebut, Unit Tipiter Satreskrim Polres Tarakan masih melakukan penyelidikan. "Kita mengetahui adanya pupuk itu saat ada masyarakat melihat adanya bongkar muat pupuk bersubsidi dari Bulungan pada malam hari dan masyarakat itu langsung melaporkan ke kita," lanjutnya.
Mengetahui laporan masyarakat, petugas kepolisian langsung melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap pekerja yang ada digudang tersebut, ternyata tidak bisa menunjukkan izin menyimpan atau memperjual belikan pupuk bersubsidi asal Kabupaten Bulungan ini. 

"Tidak bisa menunjukan izin kita langsung amankan aja gudangnya itu dan kita sudah melakukan pemeriksaan terhadp 5 saksi," tutur Tharman.

Sementar itu, menunggu hasil pemeriksaan, tersangka yang mengedarkan dan pemilik akan dikenakan Tindak Pidana Ekonomi  nomor 77 tahun 2005 tentang penetapan pupuk bersusdi. "Jadi jelas tersangka ini membawa pupuk bersubsidi diluar wilayahnya, Dan itu melanggar aturan,” tutupnya.(AD/YN)