Kamis, 03 Mei 2018

Muhammad Nazmy Ansori Melaju Mewakili Kaltara Dalam Ajang Olimpiade Sains Nasional

Nazmy bersama dengan pendamping dari Nunukan dan bersamaa peserta lain di wilayah kalimantan utara.

KOMANDOKALTARA.COM - UNTUK kesekian kalinya, SMP N 1 Nunukan berpartisipasi ldalam ajang bergengsi siswa tingkat Kabupaten dan Provinsi. SMP N 1 Nunukan juga berhasil menembus juara dari beberapa pesaing perwakilan Kabupaten/Kota se-Kalimantan Utara. Seleksi olimpiade sains ini berawal di tingkat Kecamatan hingga pusat nantinya.

Kasi Peserta Didik dan Pembinaan Karakter pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Syaharuddin menerangkan bahwa Muhammad Nazmy Ansori adalah siswa SMP N 1 Nunukan yang mengikuti rangkaian seleksi Olimpiade Sains tingkat Kabupaten pada 24 Maret 2018 dan kemudian seleksi tingkat Provinsi Kalimantan Utara di Hotel Harmonis, Tarakan pada 21-23 April 2018. Nazmy menyingkirkan pesaingnya dari seluruh Kabupaten/Kota se-Kaltara dengan bidang studi yang dilombakan yaitu IPS.

Dalam wawancara singkat dengan Kepala Disdikbud H. Jaya Martom mengatakan bahwa, "ini prestasi siswa yang luar biasa. Saya bangga dengan peserta didik dari SMP N 1Nunukan ini. Tentunya peran serta guru juga orang tua tidak terlepas atas suksesnya anak yang membanggakan ini." (3/5)

Sementara Kepala SMP N 1 Nunukan menyampaikan harapnya terhadap salah seorang siswanya yang mewakili Kabupaten Nunukan mengikuti Olimpiade Sains di tingkat Provinsi Kaltara dan maju ke tingkat Nasional. " Saya berharap ada reward untuk anak yang juara ini di Upacara Hari Pendidikan nanti, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati pada 14 Mei mendatang supaya siswa dan siswi lain juga dapat termotivasi. Ini sudah dua tahun berturut-turut SMP N 1 Nunukan lolos ke tingkat Nasional, tahun lalu Matematika dan IPS. Cuma sayangnya tahun ini hanya IPS yg lolos."

Budi Ansori, orang tua dari M.Nazmy Ansori mengharapkan dukungan dari sekolah untuk membantu murid. "Saya tidak pernah berharap penghargaan dari pemerintah dalam bentuk apapun, yang terpenting anak-anak bisa bersekolah meraih impiannya," ungkap jurnalis muda ini.

Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid pun merasa bangga atas prestasi siswa SMP N 1 Nunukan yang membanggakan ini. "Ini prestasi anak daerah yang harus kita banggakan dan semoga menjadi motivasi untuk anak bangsa kita, khususnya Kabupaten Nunukan," ujar Laura.

Nazmy merupakan salah satu paskibra cilik tahun 2016 dalam penyelenggaraan HUT RI di Nunukan dan Pemecahan Rekor MURI HUT RI di Sebatik tahun 2017. Nazmy akan berlaga di Padang mewakili Kalimantan Utara dalam ajang Olimpiade Sains bidang studi IPS pada Juli mendatang. (Awan79/DJ/Yn)