Rabu, 06 Juni 2018

Bupati Nunukan Melakukan Panen Bawang Merah Tuk Tuk Yang Dibudidayakan Kelompok Tani

Bupati dan Kepala Dinas Pertanian Beserta Kelompok Tani Memanen Bawang Merah

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN- Bawang merah tuk tuk adalah bawang merah non-hibrida dari biji/ benih, cocok ditanam di dataran rendah sampai dengan dataran tinggi. Tanaman jenis vigor ini memiliki umbi bulat dan besar 15 gram. Umbi tunggal atau ganda, dapat dipanen 75 - 85 hari dengan hasil 25 - 30 ton/ha. Di Kabupaten Nunukan sendiri budidaya varietas bawang merah ini telah berhasil dilakukan oleh salah satu kelompok tani yang ada dan tak tanggung-tanggung sudah terhitung 5 (lima) kali panen. Sore tadi (5/6) Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura didampingi Kepala Dinas Pertanian Cholid Muhammad beserta jajaran stafnya melaksanakan panen di daerah Kelurahan Mansappa Kecamatan Nunukan Selatan.

Omset yang dihasilkan dari panen ini bisa memberikan kesejahteraan kepada kelompok tani yang membudidayakannya. Untuk durasi sejak penyemaian bibit hingga panen dibutuhkan waktu sekitar 3 (tiga) bulan. “Harapan saya karena telah terlihat hasilnya agar bisa dimaksimalkan dan ditingkatkan lagi, jadi lahan-lahan yang tidak produktif bisa kita manfaatkan agar produksi ini bisa lebih ditingkatkan dari yang ada saat ini,” ujar Laura. Beliau juga berpesan agar petani lebih mandiri dan dapat memanfaatkan sebaik mungkin semua bantuan yang didapatkan, khususnya dari Dinas Pertanian Kabupaten Nunukan.
Laura Selaku Bupati Nunukan Beserta Kepala Dinas Pertanian Dan Kelompok Tani Menunjukkan Hasil Panen

“Bantuan bibit yang diberikan kepada kelompok tani untuk diolah didapatkan dari PT. Panah Merah, dan semua murni dari anggaran APBN/ Kementerian dan disalurkan ke seluruh petani di Kabupaten Nunukan,” ungkap Cholid Muhammad selaku Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nunukan. (MRP / YN)