Kamis, 05 Juli 2018

Kiat Rutin Lestarikan Budaya Leluhur Dayak Tahol Lewat Mubes Dan Ilau

Wakil Gubernur disambut tetua adat Dayak Tahol

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN - Dayak Tahol adalah salah satu dari sekian banyak etnik Dayak yang ada di Kalimantan khususnya di daerah Kalimantan Utara (Kaltara). Sejak tahun 2004 kegiatan Musyawarah Besar (Mubes) dan Ilau ini pertama kali dilaksanakan di Desa Putat yang dipelopori oleh bapak Lewi Undan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Umum Suku Dayak Tahol. Hari ini Selasa (3/7) kegiatan Mubes dan Ilau IV Dayak Tahol dilaksanakan dan dimulai sejak tanggal 3 – 7 Juli 2018 di Desa Libang Kecamatan Lumbis Kabupaten Nunukan.

Pernak-pernik khas Dayak terlihat menghiasi lokasi Mubes. Yang menjadi pusat perhatian sejak tiba di lokasi Mubes adalah Ulung Buayo dan Bintuor yang bersanding di depan Balai Adat Dayak Tahol. “Ulung Buayo sendiri pada awalnya adalah dewa bagi Suku Dayak Tahol karena sangat ganas dan berkuasa serta tidak ada yang dapat menjinakkannya sedangkan Bintuor dahulu adalah tempat meletakkan kepala pada zaman dulu,” jelas Kalvianus Ukung selaku Ketua Lembaga Adat Dayak Tahol Kabupaten Nunukan.

“Diawal pembukaan tadi ditampilkan kesenian-kesenian Dayak Tahol dan ini menggugah kita semua bagaimana melestarikan dan membudayakan adat Dayak sehingga bisa kita wariskan kepada anak cucu kita,” tutur Udin Hianggio Wakil Gubernur Kaltara. “Hal ini juga menggugah kami selaku pemerintah Provinsi, pemerintah Kabupaten untuk memberikan support terhadap kelestarian adat budaya di Kaltara khususnya,” sambungnya. Beliau juga mengutip kata-kata bijak “dengan seni budaya hidup menjadi indah, dengan ilmu hidup menjadi mudah dan dengan agama hidup menjadi terarah.”
Prosesi Ritual Adat Angkukui (Ulung Buayo)

Dari Laporan Ketua Panitia Mubes dan Ilau IV Dayak Tahol Jhonaiedy, jumlah peserta yang ikut hadir di Mubes dan Ilau Dayak Tahol sebanyak 1.230 orang. Hal ini telah mencakup peserta yang hadir dari Negeri Sabah Malaysia. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Staf Ahli Bidang Kesra dan SDM Petrus Kanisius HB yang mewakili Bupati Nunukan, Bupati Malinau Yansen TP dan Wakilnya Topan Amrullah serta Jajaran pimpinan OPD juga FKPD di lingkup pemerintah Kabupaten Malinau, Wakil Bupati Tana Tidung Markus dan juga masyarakat dari Kabupaten Nunukan dan Malinau khususnya masyarakat Dayak Tahol. (MRP / yn)