Rabu, 01 Agustus 2018

50 Bayi dan Balita ikuti Lomba Bayi dan Balita Sehat se Kecamatan Nunukan Selatan

Foto Peserta Yang Menang Dalam Lomba Bayi Dan Balita Tingkat Kecamatan Nunukan Selatan

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN - 50 orang peserta yang terdiri 25 Bayi dan 25 Balita, telah mengikuti Lomba Bayi Dan Balita Sehat Tingkat Kecamatan Nunukan Selatan. Acara Lomba berlangsung tadi pagi hari Selasa (31/7/2018) bertempat di Aula Gedung Gadis 1, Jalan Ujang Desa Sedadap Nunukan Selatan.

Acara yang berlangsung mulai jam 9.00 wita itu dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Nunukan Selatan, Nanang mewakili Camat. Hadir Dan juga memberikan sambutan Kepala Puskesmas Sedadap Kecamatan Nunukan Selatan dr. Rakhmawati.

Dalam sambutannya, Kepala Puskesmas ini memberi pesan kepada para orang tua yang mengikuti lomba terse but.

"Masa tumbuh Balita adalah masa kritis dalam fase kehidupan manusia. Maka masa tumbuh Balita harus menjadi perhatian utama orang tua terutama Ibu. Orang tua terutama Ibu harus rajin ke Posyandu untuk mengontrol pertumbuhan dan perkembangan buah hatinya, tidak boleh lengah sedikitpun", pesan dokter yang baru dilantik ini sebulan yang lalu.

Dalam sambutannya Camat Nunukan Selatan sangat mengapresiasi kegiatan ini, dan berpesan agar kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan secara berkala dan rutin. Agar generasi bangsa sehat jasmani maupun rohaninya, selanjutnya mampu mengukir prestasi di masa yang akan datang.

Adapun yang menjadi unsur penilaian dalam Lomba Bayi Dan Balita Sehat ini antara lain adalah :
  1. Status Ibu (meliputi pendidikan, pekerjaan dan umur saat kelahiran pertama), 
  2. Perilaku sehat (meliputi status imunisasi sesuai umur, penolong persalinan, tempat persalinan, pemberian MP ASI dan buku KIA/KMS)
  3. Pemberian Giri (meliputi BB lahir, longest kepala, BB saat ini, pemberian lapsing vitamin A Dan pemberian ASI eksklusif), 
  4. Pemeriksaan Didik (meliputi Gigi dan mulut, rambut, jari tangan Dan kuku, kulit, pendengaran, penglihatan, pernafasan dan anggota gerak), 
  5. Perkembangan.


Dewan juri lomba ini diketuai oleh dr. Evi Maryani, dan berasal dari Dinas Kesehatan Kabupaten Nunukan.

Dari hasil penilaian Dewan Juri, maka yang berhak menjadi juara adalah sebagai berikut :
  • Untuk Kategori Bayi :

  1. Juara 1 : Askayla 
  2. Juara 2 : Gibran Maulana 
  3. Juara 3 : Faizan

  • Untuk Kategori Balita :

  1. Juara 1 : Aisyah 
  2. Juara 2 : Dian Safira 
  3. Juara 3 : Hawa Anindya Izzati.


(DiskominfotikNNK:Deka/Dodo/yn)