Jumat, 24 Agustus 2018

Pemkab Nunukan Gagas Buka Kawasan Ekonomi Khusus

Foro saat rapat dilakukan diruang kerja Asisten Ekbang Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan, Kamis (23 / 8 )

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN - Letak Geografis Kabupaten Nunukan yang berada diwilayah perbatasan dan menjadi salah satu keuntungan dan peluang dalam melakukan perdagangan internasional serta berada di Zona ALKI II, Pemerintah Kabupaten Nunukan akan mencoba menggagas dibukanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di wilayah Nunukan.

Pembahasan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang di motori oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Robby N Serang, Kepala Bappeda Ir. H. Suprianto HP. M. Si., Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Satu Atap Juni Mardiansyah, SIp. , Kepala Dinas Pertanian H. Cholid Muhammad, SP. Kadis Perdagangan Ir. Jabbar, M. Si. serta instansi lainnya pada Kamis (23/8) di ruang kerja Asisten Ekbang Lantai 4 Kantor Bupati Nunukan.

Dari hasil pertemuan yang dilaksanakan tersebut Asisten Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah Robby Nahak Serang, SH. menyampaikan bahwa program membentuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) cukup memiliki peluang yang cukup besar dimana indikator-indikator dalam pembentukan KEK sudah dimiliki oleh Kabupaten Nunukan seperti letak geoekonomi sudah terpenuhi.

Untuk menindak lanjuti dari hasil pembahasan pembentukan KEK akan ditindak lanjuti dengan membentuk sebuah tim untuk melakukan pengkajian mendalam dalam mewujudkan KEK ke depannya.

Hal senada juga disampaikan mantan Kepala Syahbandar Kabupaten Nunukan Simanjuntak menyampaikan bahwa peluang untuk membentuk KEK di Nunukan sudah cukup lama diidamkannya mengingat Nunukan mempunyai potensi yang cukup besar dan diuntungkan dengan berada di Zona ALKI II dimana Selat Sulawesi menjadi Zona ALKI II dimana Nunukan berada di Ujung Utara zona tersebut, kemudian secara geografis berada di wilayah perbatasan dimana perdagangan internasional dapat dilakukan dengan mudah seperti ke Malaysia, Brunai Darussalam, Vitenam, Philippina hingga Hongkong.

"Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) saat ini ada di Sulawesi Utara yakni KEK Bitung, kita masih punya peluang dan kita masih lebih dekat dengan daerah-daerah seperti Phlippina, Malaysia dan Brunai Darussalam, " ungkapnya.

Robby N Serang menambahkan jika nantinya KEK akan dapat meningkatkan perekomian masyarakat di wilayah perbatasan Kalimantan Utara dan akan membuka peluang kerja yang cukup banyak. (Aiyub/Deka/yn)