Minggu, 05 Agustus 2018

Wakil Bupati Nunukan Terima Satuan Pengamanan Perbatasan (SATGAS PAMTAS) Yonif Raider 613 Raja Alam

100 personil Satgas Pamtas 613/Raja Alam tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN – Sekitar 100 personil Satgas Pamtas 613/Raja Alam tiba di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Jum'at kemarin (3/8) dengan menggunakan KRI Teluk Manado. Ketibaan mereka disambut dengan upacara penerimaan Satgas Pamtas RI-Malaysia pada Sabtu pagi ini. Personil Satgas Pamtas 613/Raja Alam akan bertugas di Kabupaten Nunukan menggantikan Satgas Pamtas 621/Manuntung yang telah bertugas sekitar 10 bulan di Bumi Penekindi Debaya ini.

Wakil Bupati Nunukan Faridil Murad hadir sekaligus menjadi inspektur Upacara penerimaan Satgas Pamtas 613/Raja Alam. (4/8)

Pelaksanaan Upacara Penerimaan Dansatgas Pamtas 613/Raja Alam berlangsung di Dermaga Pelabuhan Tunon Taka dan dihadiri oleh Dandim 0911/Nunukan, Danlanal Nunukan, Kapolres Nunukan, Kajari Nunukan, perwakilan instansi vertikal, serta disaksikan pula oleh masyarakat yang beraktifitas di pelabuhan tersebut.

Dalam sambutan Bupati Nunukan yang dibacakan oleh Wakil Bupati Nunukan, Faridil mengatakan bahwa, “sebagai salah satu daerah yang berbataskan langsung dengan negara tetangga, Kabupaten Nunukan yang terdiri atas 19 Kecamatan, sebagian besar wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia. Tapal Batas yang ada juga meliputi darat dan laut, serta kawasan perairan lainnya. Oleh karena itu, permasalahan tapal batas antara negara kita (Indonesia) dengan negara tetangga (Malaysia) senantiasa dihadapkan dengan berbagai permasalahan."

“Tentunya membutuhkan perhatian yang serius, yang diwujudkan dengan peningkatan infrastruktur dan sarana prasarana pengaman perbatasan, serta penguatan sumber daya manusia seperti personil prajurit pengamanan perbatasan”, tambahnya.

Diakhir sambutan, Faridil menyampaikan terima kasih kepada Dansatgas Pamtas Yonif 621/Manuntung yang telah menjaga perbatasan NKRI selama kurang lebih 10 bulan lalu. Beliau juga mengucapkan selamat datang dan selamat menjalankan tugas kepada Dansatgas Pamtas Yonif Raider 613/Raja Alam di Kabupaten Nunukan. (HBM/RDJ/yn)