Senin, 24 September 2018

Hj. Asmin Laura Hafid Hadiri RAKERNAS Akuntansi Dan Pelopor Keungan Pemerintah 2018

Bupati Nunukan (depan kiri) bersama bupati seluruh indonesia

KOMANDOKALTARA.COM - NUNUKAN - Dalam rangka meningkatkan kualitas manajemen keuangan negara untuk mendukung pembangunan menuju indonesia yang sejahtera serta untuk meningkatkan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, Kementerian keuangan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 yang berlangsung digedung Dhanapala Kementerian Keuangan Jakarta pada kamis pagi (20/9).

Terkait dengan tema yang diangkat "pengelolaan keuangan negara yang sehat untuk indonesia kuat" Bupati Nunukan pada kesempatan ini mengatakan "saran saya kepada seluruh OPD baik dimulai dari sekertariat daerah sampai dengan camat dan lurah agar terus melakukan perbaikan-perbaikan dalam administrasi keuangan dilingkupnya masing-masing agar opini wtp yang kita raih 3 tahun berturut-turut benar menunjukkan kualitas tata kelola keuangan yang sesuai dengan aturan." tegas Laura Bupati termuda.

Sementara Menteri keuangan juga mengatakan "untuk rapat rakernas kali ini agar daerah terus termotivasi untuk memberikan laporan keuangan yang akuntabel dan transparan sesuai tata kelola laporan keuangan yang baik. Karena, efek dan imbas dari semua laporan keuangan yang baik akan berimplikasi pada perkembangan pembangunan yang ada didaerah." ucapnya. 

Untuk opini wtp jangan dijadikan sebagai garis akhir dari tujuan justru sebaliknya. Opini wtp harus dijadikam star sebagai evaluasi untuk mencegah temuan BPK apalagi temuan yang bersifat continue. tutup Sri Mulyani Indrawati.

Pengelolaan keuangan negara yang sehat untuk indonesia kuat dengan tujuan (1) wujud apresiasi kepada pelaporan yang memperoleh opini wtp, (2) meningkatkan pemahaman pengelolaan keuangan negara yang transparan, akuntabel dan profesional, (3) menjaga momentum pencapaian program-program prioritas nasional dan (4) meningkatkan partisipasi masyarakat program-program prioritas nasional (HM / yn)