Jumat, 26 Oktober 2018

Pasarkan Produk UMKM di Kaltara Melalui UMKM Mart

PERESMIAN : Wagub Kaltara H Udin Hianggio meresmikan UMKM Mart Tanjung Selor, ditandai dengan pengguntingan pita, Kamis (25/10).

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR – Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Utara (Kaltara) H Udin Hianggio meresmikan toko modern yang siap menjual produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kaltara. Toko modern yang dinamakan UMKM Mart ini berlokasi di komplek Pasar Induk Tanjung Selor.

Peresmian UMKM Mart ditandai dengan pemotongan pita oleh Wagub, Kamis (25/10). Pendirian UMKM Mart digagas oleh Asosiasi UMKM Provinsi Kaltara yang merupakan mitra dari Pemprov Kaltara melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop-UKM) Provinsi Kaltara.

Selain anggota, yakni pelaku UMKM di Kaltara sebagai pemasok produk lokal, UMKM Mart juga menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam pasokan bahan pokok seperti beras dan gula. Tak hanya itu, UMKM Mart juga menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai mitra untuk memberikan pembayaran poin bagi para anggotanya.

Dalam sambutannya, H Udin yang mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie memberikan apresiasi penuh terhadap gagasan Asosiasi UMKM dalam mewujudkan UMKM Mart ini. “Bagaimana memasarkan hasil-hasil produksi di Kaltara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Saya sangat support sekali, bahkan topi yang saya kenakan ini adalah kerajinan rakyat yang harus kita pasarkan,” ungkap H Udin.

Pemprov Kaltara, kata Wagub, mempunyai program untuk membuat toko di perbatasan. Atas hal itu, H Udin berharap UMKM Mart dapat memberikan kontribusi dan tentunya pemerintah provinsi akan mendukung upaya tersebut.

Kepala Disperindagkop-UKM Hartono menambahkan, UMKM Mart ini merupakan salah satu cara pemasaran dari produk-produk lokal. Sementara itu, Ketua Asosiasi UMKM Kaltara, Ali Muhajir menyebutkan, bahwa peresmian hari ini untuk level provinsi dimana produk lokal yang dijual dari semua Kabupaten-Kota di Kaltara.

Ditargetkan dalam tahun ini akan membuka toko di Kabupaten Nunukan dan Malinau, bahkan di Nunukan telah disediakan tempat pinjam pakai oleh Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafidz.(Humas / YN)