Sabtu, 24 November 2018

RAPBD 2019 Telah Disetuji DPRD Kabupaten Nunukan


KOMANDOKALTARA.COM
- NUNUKAN - Jum'at malam kemarin (23/11/2018) RAPBD Kabupaten Nunukan telah disetujui oleh DPRD. Rapat Paripurna yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Dani Iskandar dan dihadiri oleh Sekda, Serfianus SIp. MSi., mewakili Bupati Nunukan dimulai pukul 19.30 wita tadi malam. Rapat Paripurna ini juga dihadiri oleh semua wakil ketua yaitu Hj. Nursam SH. dan Hj. Leppa Hafid.

Ini adalah sejarah baru dalam pengelolaan pemerintahan Kabupaten Nunukan, khususnya dalam pengesahan RAPBD, sudah disetui pada Bulan November. Padahal lazimnya pengesahan baru dilakukan pada saat akhir Bulan Desember atau bahkan melampaui ketentuan hingga melampaui akhir tahun, seperti RAPBD 2018 yang baru disetujui pada pertengahan Bulan Januari.

Seperti terungkap pada pertemuan saat Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Nunukan 2016-2021 beberapa hari yang lalu, pihak eksekutif maupun legislatif akan berusaha bisa menetapkan APBD tahun anggaran 2019 pada Bulan November 2018 ini.

Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Eddy Santri, seorang tokoh pemuda di Nunukan, adalah berkat niat baik dan komunikasi yang intensif dilakukan kedua belah pihak, pihak eksekutif (Pemda) dan pihak legislatif (DPRD) yang saling proaktif bekerja untuk kepentingan rakyat Kabupaten Nunukan seluruhnya.

Masyarakat Kabupaten Nunukan juga terlihat sangat berharap yang seperti ini akan berjalan pada tahun-tahun selanjutnya agar roda perekonomian masyarakat bisa terbantu dengan ditetapkannya APBD tepat waktu. Dengan demikian APBD tidak terpotong oleh Pemerintah Pusat sebagai denda pinalti atau hukuman jika APBD terlambat ditetapkan.

Bahkan pundi-pundi APBD bisa ditambahkan melalui DAU, Dana Bagi Hasil, DAK, dan lain-lain, sebagai reward atau hadiah, jika Pemerintah Daerah patuh dan berkinerja pemerintahan yang baik. Beberapa penghargaan yang diperoleh Kabupaten Nunukan selama ini juga diharapkan akan berimbas pada bertambahnya perhatian dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. (Deka / yn)