Senin, 10 Desember 2018

Jelang Natal dan Tahun Baru, Dishub Tingkatkan Pengawasan Transpotasi

Humas Pemprov Kaltara
Kepala Dishub Kaltara Taupan Majid


TANJUNG SELOR - KOMANDOKALTARA.COM – Menjelang hari besar keagamaan, yaitu Natal sekaligus menyambut Tahun Baru 2019, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) bersama beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lembaga terkait lainnya melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) terkait antisipasi lonjakan penumpang.

Selain membahas tentang persiapan angkutan umum, Rakor ini juga membahas terkait persiapan logistik, ketersediaan bahan bakar minyak (BBM), dan kesiapan masing-masing angkutan beserta operatornya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltara Taupan Madjid mengatakan, mengantisipasi lonjakan penumpang jelang hari raya Natal dan Tahun Baru 2019, pihaknya menekankan kegiatan pengawasan terhadap alat transportasi. Misalnya, melakukan survei kesiapan sarana dan prasarana baik darat, laut dan udara.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan persiapan menjelang penerbangan perdana  Pesawat ATR 72 rute Nunukan-Tarakan pada 20 Desember mendatang. “Selain pengecekan kendaraan, juga akan kita lakukan lagi tes narkoba kepada awak kendaraan dalam waktu dekat nanti,” kata Taupan, di sela pembukaan Rakor tersebut.
Taupan mengungkapkan, diperkirakan puncak arus mudik Natal terjadi pada 22 hingga 25 Desember. Sedangkan untuk Tahun Baru, terjadi pada 29 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019.

Taupan berharap, pembuatan posko terintegrasi di beberapa tempat yang diyakini menjadi jalur utama pemudik segera dilaksanakan. Di samping juga ada penempatan posko-posko alat berat di daerah-daerah yang rawan longsor dan blank spot. Sehingga jika terjadi kendala di daerah tersebut dapat ditangani dengan segera. “Kita berharap semuanya berjalan dengan baik dan lancar, karena seyogianya kegiatan kita ini merupakan rutin tahunan yang setiap tahun juga kita evaluasi hasilnya,” tutup Taupan.(humas/YN)