Kamis, 10 Januari 2019

Pasien Hipertensi Menahun Tertolomg Berkat JKN-KIS

Alimuddin Arfah peserta JKN-KIS


TARAKAN - KOMANDOKALTARA.COM - Alimuddin Arfah adalah peserta JKN-KIS yang tinggal di Kota Tarakan. Ia menceritakan pengalamannya selama menjadi peserta JKN-KIS. Kala ditemui di Puskesmas Gunung Lingkas, Alimuddin mengatakan bahwa dirinya sudah bertahun-tahun menderita penyakit hipertensi. Alimuddin mengatakan setiap bulannya  harus kembali ke Puskesmas untuk mengambil obat.

“Syukurnya tidak pernah repot, tidak pernah dipersulit, aman saja pokoknya. Obat diterima setiap bulannya dan antri di puskesmas pun duduk, jadi nggak terasa capek,” katanya sumringah.

Ketika ditanya, Alimuddin mengatakan bahwa dirinya merupakan peserta Penerim Bantuan Iuran (PBI APBN) yang iurannya dibayarkan oleh pemerintah setiap bulannya dan Alimuddin bersyukur dirinya sudah dijaminkan kesehatannya oleh pemerintah melalui program JKN-KIS.

“Kalau gak ada JKN bisa kita bayangkan apabila harus bayar obat, misalkan ambil murahnya saja bayar Rp 15.000 untuk 3 jenis obat per harinya. Selama sebulan sudah Rp 450.000 yang harus dibayarkan. Setahun sudah berapa? Terima kasih banyak pokoknya, saya merasa tertolong dengan adanya JKN-KIS,” ungkapnya.

 Alimuddin dalam wawancaranya mengatakan pernah dirujuk ke rumah sakit ketika sakit. Menurutnya, memang saat akan memperoleh pelayanan kesehatan ia masih harus mengantri cukup panjang bersama para pasien lainnya. Namun ia tak pernah mempermasalahkan hal tersebut.

"Nggak apa-apa, toh memang yang sakit bukan hanya saya. Yang lain juga butuh berobat, jadi maklumi saja. Yang penting menunggunya duduk, tidak berdiri dan dilayani dengan baik. Selama ini saya juga sangat puas dengan pelayanan yang diberikan baik oleh BPJS Kesehatan maupun petugas di Puskesmas dan Rumah Sakit. Begitu juga pelayanan di Kantor BPJS Kesehatan. Pokoknya, JKN-KIS top deh," tutup Alimuddin sambil tertawa.(Kia)