Jumat, 29 Maret 2019

Data Penting dalam Penyelenggaraan Pemerintah

STATISTIK : Sekprov Kaltara H Suriansyah saat membuka Forum Data Statistik Sektoral, Kamis (28/3).

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR – Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) H Suriansyah mengatakan, keakuratan dan update data merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun perencanaan, maupun membuat sebuah keputusan atau kebijakan. Utamanya dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan di daerah. 

Suriansyah menyampaikan ini, saat membuka Forum Data Statistik Sektoral, gelaran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kaltara di Gedung Gabungan Dinas Pemprov Kaltara, Kamis (28/3). Pentingnya suatu data, kata Sekprov, karena keputusan yang sifatnya penting bisa salah diambil, jika data tidak update, akurat, bahkan tidak ada data. “Saya ingatkan kepada seluruh peserta yang menangani data, kegiatan hari ini sangat penting dan strategis,” pesannya.

Suriansyah mengatakan, ada tata cara tersendiri dalam mengelola data. Artinya tidak boleh sembarangan. Disebutkan, ada teknik dan analisis untuk mengolah data termasuk data statistik. “Di Provinsi Kaltara ada Diskominfo yang menjadi wali data, yang mengolah data,” ujarnya.

Di kesempatan ini pula, Suriansyah meluncurkan aplikasi SIDARA (Sistem Informasi Data Statistik Sektoral). Melalui SIDARA, diharapkan data statistik dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara yang menjadi sumber data, dapat disajikan secara berkala, berkualitas dan representative.

Sebagai informasi, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan instansi tertentu dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintah dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan. (humas / YN)