Senin, 01 Juli 2019

Disperindagkop Kaltara Gelar Edukasi Perlindungan Konsumen

EDUKASI : Saat berlangsungnya  edukasi perlindungan konsumen di Hotel Lotus Pataya.((01/19).

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Untuk mengedukasi masyarakat sebagai konsumen cerdas, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Kaltara, Bersama Disperidagkop Tarakan, Menggelar Edukasi Perlindungan Konsumen tahun 2019, Dan dibuka langsung oleh Kadisprindagkop Tarakan Tajuddin Tuwo, Di Hotel Lotus Pataya, Kota Tarakan, Senin (01/7/2019).

Dalam materinya, Kadisprindagkop Tarakan Tajuddin Tuwo menguraikan, Pemerintah dalam hal ini Disperidagkop Tarakan berupaya mengedukasi masyarakat selaku konsumen baik dan mampu meneliti barang sebelum membeli.

"Konsumen cerdas adalah, selalu berhati-hati setiap ingin membeli barang, misalnya melihat masa kadaluarsa produk tersebut,"Jelas Tajuddin Tuwo.

Sementara itu, Ketua BPSK Tarakan Hidayat mengatakan, Di dalam kepengurusan BPSK ada 9 orang dan terdiri dari 3 unsur, Unsur pertama dari pemerintah, kedua dari pelaku usaha dan yang ketiga dari konsumen.

"BPSK memiliki kewenangan untuk menyelesaikan sengketa konsumen, melalaui tiga mekanisme, rekonsiliasi atau perdamaian, mediasi dan arbitrase, tentunya kita akan memberikan keadilan bilamana ada yang merugikan konsumen," Kata Hidayat.

Edukasi perlindungan konsumen yang digelar oleh Disperidagkop Kaltara tersebut juga di hadiri oleh BPSK Kaltara, Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta melibatkan 70 peserta.(YN)