Senin, 29 Juli 2019

Dispora Gelar Pelatihan Tenaga Keolahragaan se-Kaltara

PELATIHAN : Kepala Dispora Kaltara Haerumuddin berfoto bersama peserta pelatihan tenaga keolahragaan Provinsi Kaltara, Kamis (25/7) lalu.

KOMANDOKALTAR.COM - TANJUNG SELOR – Sebagai salah satu upaya meningkatkan pembinaan manajemen tenaga keolahragaan serta memajukan prestasi olahraga di Kalimantan Utara (Kaltara), Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltara menggelar Pelatihan Tenaga Keolahragaan Provinsi Kaltara.

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala Dispora Kaltara Haerumuddin di Hotel Grand Anugerah, Tanjung Selor pada Kamis (25/7) lalu ini, dilaksanakan selama 4 hari. Diikuti oleh 75 orang dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten/Kota, Dispora Kabupaten/Kota, para guru olahraga, serta pengurus dari 15 cabang olahraga di Kaltara. “Meski masih minim fasilitas olahraga, pembangunan olahraga di Kaltara tetap harus terus digalakkan. Untuk itu, diperlukan proses pembinaan yang berkesinambungan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Tidak hanya pembinaan olahragawan, tenaga keolahragaan pun memerlukan pembinaan yang komprehensif, sehingga tercipta tenaga keolahragaan yang memiliki kompetisi berprestasi," kata Haerumuddin yang mewakili Gubernur Kaltara untuk membuka acara tersebut.

Saat ini, Dispora mengarahkan olahraga prestasi untuk para guru olahraga di sekolah-sekolah dan membuat anak-anak untuk berkembang. Sehingga jenjangnya jelas mulai dari daerah hingga menjadi tim nasional (Timnas) mewakili Indonesia. “Dalam hal mencapai prestasi olahraga, harus melalui proses. Yaitu perencanaan yang baik, selektif dalam memilih atlet, juga perlu dukungan anggaran yang cukup, mentalitas dan psikologis atlet,” ulasnya.

Ditambahkannya, dalam meningkatkan prestasi olahraga bukan hanya tanggung jawab Dispora. Melainkan semua lini baik pemerintah daerah, swasta dan tentunya masyarakat umum. “Kita mengharapkan peserta dapat bertambah wawasannya mengenai keolahragaan, kemudian mempunyai inovasi dan kreativitas, memperbaiki pendekatan dengan atletnya dan mampu merangkul peran serta masyarakat dalam berolahraga dan memfokuskan pada olahraga prestasi,” tutupnya.

Sebagai pemateri dalam kegaiatan pelatihan itu, berasal dari ahli keolahragaan Universitas Borneo Tarakan (UBT) dan Dispora Kaltara. Kegiatan ini mengambil tema “meningkatkan pembinaan manajemen tenaga keolahragaan guna memajukan prestasi olahraga Kaltara”.(humas / YN)