Selasa, 09 Juli 2019

Warga Binaan Lapas Tarakan Mendapatkan Pelatihan Dari Disperidagkop Kaltara

PELATIHAN : Kadisperindagkop Hartono dan Plh Kalapas Kelas 2A Tarakan Haeruddin, menjadi pembicara saat berlangsungnya pelatihan membatik dan cara membuat makanan olahan untuk warga binaan.(9/7).

KOMANDOKALTARA.COM - TARAKAN - Sebanyak 30 orang perempuan warga binaan Lapas Kelas 2A Tarakan, Dibawah Kemenkumham RI Kanwil Kaltara, Mendapatkan pelatihan membatik dan cara membuat makanan olahan rumah tangga, Dari Disperidagkop & UMKM Provinsi Kalimantan, pada Selasa siang tadi, (9/7/2019).

Dalam acara pelatihan warga binaan ini, dihadiri langsung oleh Kadisprindagkop kaltara Drs Hartono, Plh Lapas Tarakan Haeruddin serta perwakilan ombudsman Kaltara Dita Mellyanika.

Hartono yang ditemui awak media mengatakan, Kegiatan tersebut terlaksana atas adanya dana alokasi khusus non fisik program peningkatan kapasitas koperasi usaha kecil dan menengah, "Kegiatan ini yang melibatkan warga binaan ini memang sudah menjadi program yang sudah kita rencanakan, dana yang digunakan adalah dana alokasi khusus, Tujuan utamanya adalah, untuk penumbuhan Wirausaha Pemula (WP) Kementerian Koperasi UKM Tahun Anggaran 2019," Kata Kadisprindagkop kaltara ini.

"Tujuan utama kami adalah, bagaimana warga binaan ini bisa mendapatkan bekal pengetahuan ketika nantinya masa tahananannya sudah berakhir, Makanya kita berikan pelatihan ini, agar nantinya bisa mendirikan usaha sendiri, dan kita akan memfasilitasi untuk pemasarannya, tadi kami sudah membawa sampel batik yang telah di hasilkan, ini akan kita bawa pada pameran yang bertepatan dengan hari koperasi pada tanggal 12 Juli akan datang, Batiknya adalah khas Kalimantan Utara," Jelas Hartono.

Seperti kita ketahui bersama bahwa, Lapas Kelas 2A Tarakan saat ini telah menampung sekita 1400 lebih warga binaan, baik laki-laki maupun perempuan.(YN)