Jumat, 09 Agustus 2019

Gubernur Minta Warga Jaga Kerukunan

KURBAN: Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menyerahkan sapi kurban kepada takmir masjid al Muhajirin Desa Panca Agung, Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kamis (8/8).

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Didampingi beberapa kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Dr H Irianto Lambrie melakukan kunjungan ke Desa Panca Agung di Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kamis (8/8).

Salah satu agenda kegiatannya, adalah menyerahkan hewan kurban, berupa 2 ekor sapi di Masjid Muhajirin Desa Panca Agung. “Dua ekor sapi ini, satu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Kaltara. Satu ekor lagi, merupakan kurban dari para pegawai di lingkup Pemprov Kaltara,” kata Gubernur.

Tahun ini, kata Irianto, dirinya telah menganjurkan kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN), utamanya para pejabatnya yang beragama Islam untuk patungan dana berkurban. Dari gerakan berkurban itu, sesuai laporan yang diterima terkumpul dana untuk bisa membeli 52 ekor sapi yang akan dikurbankan pada Iduladha 1440 Hijriah/2019 Masehi ini. “Nantinya hewan kurban ini akan dibagi-bagi ke sejumlah masjid. Salah satunya yang saya serahkan tadi,” ungkapnya.

Dalam arahannya, Gubernur berpesan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kerukunan. Baik dengan saudara seagama, maupun dengan warga yang beragama lain. Toleransi dalam kehidupan beragama, kata Irianto sangat penting. Karena dengan saling menghormati, saling menghargai, kedamaian akan terwujud. 

“Kalau daerah kita aman, damai, antar warga rukun. Orang dari manapun akan senang datang ke Kaltara. Ini penting. Sebagai daerah baru, kita buruh adanya investasi. Sementara orang yang ingin berinvestasi salah satu faktor pendukungnya, adalah keamanan daerah itu. Kita bersyukur Kaltara selama ini aman, antar warganya meski berbeda suku, budaya dan agama, tetap rukun damai. Ini harus kita pertahankan,” imbau Gubernur. 

Kemudian terkait dengan hewan kurban yang diserahkan kemarin, Gubernur berpesan kepada para pengurus yang akan menyembelih hewan kurban agar menyampaikan atau membagikan daging kurbannya kepada masyarakat sekitar. Utamanya kepada warga yang kurang mampu.

Masih di sekitar masjid, usai melaksanakan salat Dzuhur berjamaah, Gubernur dan rombongan menyempatkan untuk meninjau sekolah MI dan SMP Ulul Albab yang berada di samping masjid Al Muhajirin. “Sekolah ini cukup bagus. Meski dikelola swasta, kualitasnya baik. Murid-muridnya juga pintar-pintar,” ujarnya singkat.(humas / YN)