Senin, 30 September 2019

Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja

HAORNAS : Sekprov Kaltara H Suriansyah mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie membuka senam dan jalan sehat dalam rangka peringatan Haornas ke-36 tahun 2019 di Lapangan Ahmad Yani, Tanjung Selor, Jumat (27/9) lalu.


KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Sekretaris Provinsi (Sekprov) Kalimantan Utara (Kaltara) H Suriansyah mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan olahraga. Olahraga dapat dilakukan dimana dan kapan saja. Demikian disampaikan Sekprov saat mewakili Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie membuka senam dan jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 tahun 2019 di Lapangan Ahmad Yani, Tanjung Selor, Jumat (27/9) lalu.

Di kesempatan tersebut, Sekprov juga menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). “Tema besar Haornas tahun ini adalah “Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan  kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia,” tutur Sekprov.

Pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. “Dengan sehat rohani, berarti kita telah mendukung kebijakan Presiden tentang    Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju,” ucapnya.

Selain itu, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi  Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang  juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, secara bersamaan dilaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. 

“Untuk itu, saya sekali lagi mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur. Baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan,” ungkapnya.

Ditegaskan Sekprov, olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Mengingat, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. 

“Diharapkan dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut. Lantaran, dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” tutupnya.(humas / YL)