Rabu, 02 Oktober 2019

Klik Aja Tu, Efektifkan Penyusunan LPPD

KLIK AJA TU : Kepala Biro Pemerintahan Taufik Hidayat saat menjadi narasumber pada Respons Kaltara edisi ke-58, Selasa (1/10).


KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Acara Respons Kaltara (Reskal) edisi ke-58, Selasa (1/10) kemarin menghadirkan narasumber dari Biro Pemerintahan Sekretariat Provinsi (Setprov) Kalimantan Utara (Kaltara). Di edisi kali ini, tim ResKal ingin memperkenalkan inovasi terbaru dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, yaitu sistem Klinik Kinerja Terpadu (Klik Aja Tu).

Kepala Biro Pemerintahaan Setprov Kaltara Taufik Hidayat yang bertindak sebagai narasumber utama menjelaskan, Klinik Kinerja Terpadu, merupakan suatu wadah diskusi dan mengevaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Kaltara. 

“Evaluasi LPPD ini ada indikator penilaiannya, yakni rendah, tinggi, dan sangat tinggi. Untuk Kaltara masih di level yang tengah atau tinggi. Nah, dengan adanya Klik Aja Tu, sistem ini dapat mencoba membedahi permasalahan yang ada. Nantinya dalam implementasinya juga akan melibatkan semua OPD. Perlu diketahui, dalam penyampaian LPPD, tidak hanya oleh pemerintahan, tapi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kaltara,“ urai Taufik.

Dikatakannya, penyampaian LPPD juga bukan hanya tugas Pemprov Kaltara, namun merupakan tugas seluruh pemerintah daerah. “Nantinya melalui sistem Klik Aja Tu, semua akan terintegrasi. Mekanismenya, di “klinik” itu akan dibedah dan didiskusikan bersama-sama. Kita cari solusi atas permasalahan yang dihadapi dalam penyampaian LPPD di Kaltara sehingga penyampaian LPPD lebih efektif,” ujarnya.

Taufik menjelaskan, LPPD merupakan laporan yang wajib diberikan oleh pemerintah daerah. Dari itu, diharapkan melalui sistem Klik Aja Tu dapat membantu lebih maksimal terkait penyampaian laporan kinerja ini. “Klinik kinerja ini nantinya akan dilaksanakan jangka panjang. Dimana dalam pengelolaannya akan melibatkan SKPD terkait, dengan menciptakan ahli-ahli yang berhubungan dengan kinerja,“ ujar Taufik lagi.

Klinik ini juga akan dikelola secara profesional. Seperti ada sarana prasarana dan tim ahli sehingga semua harus berkinerja untuk Kaltara lebih maju. “Klinik Kinerja ini sudah dalam tahap ujicoba, tinggal launching pada 3 Oktober 2019. Kami juga sudah mensosialisasikan ke kabupaten/kota, dan alhamdulillah responsnya sangat bagus, “ ungkap Taufik. 

“Tujuan akhir Klik Aja Tu, adalah memiliki smart people high performance, atau memiliki orang yang cerdas dengan kinera tinggi. Selain itu, penyampaian laporan penyelenggaraan pemerintah dapat ter-update baik per bulan maupun triwulan. Begitupula dengan seringnya pertemuan dengan OPD terkait data bisa valid sehingga tidak terjadi miss data,” timpalnya.(humas / YL)