Kamis, 12 Desember 2019

Jelang Natal-Tahun Baru, Dishub Inspeksi Kelaikan Angkutan Umum

//GRAFIS\\

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check untuk angkutan penumpang. Ini bertujuan untuk menjamin kelancaran dan keselamatan para pemudik pengguna angkutan umum jelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Disebutkan Kepala Dishub Kaltara, Taupan Madjid, inspeksi keselamatan dilakukan untuk mengetahui kelaikan jalan armada angkutan umum di Kaltara. “Setiap angkutan umum yang diinspeksi, akan ditempeli stiker layak jalan. Kalau belum ada stikernya, berarti belum layak jalan karena belum diinspeksi,” ucap Taupan.

Sasaran inspeksi, armada angkutan umum bus DAMRI dan speedboat antar daerah di Kaltara. “Dalam kegiatan ini, kami turut melibatkan Polda Kaltara dan PT Jasa Raharja (Persero),” urainya.

Pada saat inspeksi, tim melakukan pemeriksaan kelengkapan dan kelaikan peralatan dan surat angkutan umum. Selain itu, juga diperiksa kelengkapan penunjang keselamatan penumpang seperti Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan pintu darurat. “Selain inspeksi, juga dilakukan tes kesehatan dan tes urine bagi seluruh awak armada angkutan umum. Disini, terlibat pihak Badan Narkotika Kabupaten/Kota,” ucapnya.

Untuk angkutan umum bus, ada 7 unit bus DAMRI yang diinspeksi, dan semuanya dinyatakan laik jalan. Inspeksi keselamatan dilakukan di terminal bus DAMRI Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan. “Kelengkapan administrasi awak bus juga kami periksa,” ungkapnya.

Sedangkan untuk angkutan transportasi laut, ramp check dilakukan di Kota Tarakan. “Ramp check untuk speedboat dilakukan dengan fokus pengecekan pada fasilitas keselamatan dan mesinnya, serta kelengkapan administrasi angkutan,” ulas Taupan.

Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada Natal dan Tahun Baru, telah disiapkan 2 unit bus DAMRI tambahan. “Diprediksi lonjakan penumpang akan terjadi pada 23 dan 24 Desember. Dan, biasanya yang melonjak itu, rute Malinau dan Berau,” tutupnya.(humas/YL)