Kamis, 02 Juli 2020

Dipimpin Presiden Secara Virtual

HUT BHAYANGKARA : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie bersama Kapolda Kaltara Irjen Pol Indrajit, Danrem 092/Maharajalila Brigjen TNI Suratno, dan Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Haris Bima Bayuseto saat menghadiri upacara HUT ke-74 Bhayangkara, Rabu (1/7).

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie menghadiri upaca peringatan HUT ke-74 Bhayangkara yang dilangsungkan secara virtual dari Ruang Command Center Polda Kaltara, Rabu (1/7). Upacara dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo yang bertindak sebagai inspektur upacara dari Istana Negara.

Upacara diikuti oleh seluruh jajaran Polda se-Indonesia. Di Kaltara, meski berlangsung sederhana di tengah kondisi pandemi Covid-19, hari ulang tahun Polri yang mengusung tema "Kamtibmas Kondusif, Rakyat semakin Produktif" ini, berjalan dengan khidmat. 

Selain Gubernur, tampak hadir Kapolda Kaltara Irjend Pol Indrajit, Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila Brigjend TNI Suratno, Danlantamal XIII Tarakan Laksamana Pertama TNI Haris Bima Bayuseto, Wagub H Udin Hianggio serta beberapa pejabat utama di lingkup Polda.

Mengutip amanatnya, Presiden Jokowi menyampaikan, di tengah pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia, harus ditangani dengan kerja keras. Semua pihak juga harus bahu membahu untuk bersama mengatasi dampak dari pandemi tersebut seperti persoalan kesehatan dan dampak ekonomi yang ditimbulkan.

Presiden menegaskan, bahwa seluruh jajaran Polri harus turut hadir dan terlibat dalam upaya penanganan pandemi di masing-masing wilayah sesuai kewenangan yang ada.

"Dalam situasi yang sulit seperti sekarang ini kehadiran dan keterlibatan seluruh jajaran Polri sangat dibutuhkan. Mulai dari jajaran mabes dan polda, polres, polsek, sampai Bhabinkamtibmas di desa-desa harus ikut aktif terlibat mengajak masyarakat untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, mengawal kelancaran dan ketepatan penyaluran bantuan sosial, serta menjaga keamanan dan ketertiban agar situasi tetap kondusif, aman, dan damai," tegas Presiden.

Kepala Negara menyebut bahwa keselamatan dan kepentingan rakyat merupakan hal yang paling utama. Maka, jajaran Polri harus dapat mengemban tugas kemanusiaan ini secara persuasif dan humanis, namun tetap waspada, cepat tanggap, dan tegas terhadap setiap pelanggaran dengan menjaga profesionalitas dan kepercayaan rakyat.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut, atas nama pribadi, Pemerintah Provinsi dan juga masyarakat Kaltara, Gubernur menyampaikan ucapan Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 untuk Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).

“Semoga kerja keras dan jerih payah seluruh Aparatur Kepolisian Republik Indonesia, khususnya di lingkup Polda Kaltara dalam pelaksanaan tugasnya merupakan suatu ibadah. Tetap menjadi Polri yang profesional, modern, jaga semangat dalam melayani dan mengayomi masyarakat, ucapnya. (humas/YL)