Kamis, 13 Agustus 2020

Motivasi Pustakawan, Perpusnas Gelar Lomba

PUSTAKAWAN : Para pemenang Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat Provinsi Kaltara 2020.

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Dalam rangka memberikan motivasi, apresiasi serta meningkatkan profesionalisme pustakawan, Perpustakaan Nasional RI melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Kalimantan Utara Lomba Pustakawan Berprestasi Terbaik tingkat Prov. 

Kalimantan Utara 2020  di ruang Command Center Diskominfo lantai 5 Gedung Gadis Jalan Rambutan, Tanjung Selor (12/8).

Saat membuka acara, Plt. Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltara Ramli mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memotivasi dan mengapresiasi peran pustakawan melalui dana dekonsentrasi.

Secara rutin, pemilihan pustakawan sesuai dengan pedoman teknis pelaksanaan lomba pustakawan berprestasi oleh Perpusnas RI. “Nantinya juara 1 dalam lomba ini akan mewakili Kaltara dalam lomba Pustakawan Berprestasi terbaik tingkat Nasional di Jakarta, katanya.

Jumlah peserta mendaftarkan diri sampai batas waktu akhir pendaftaran tanggal 5 Agustus 2020 dan lolos verifikasi sebanyak  3 orang yang akan menjalani  2 sesi penilaian dalam perlombaan ini yaitu tes kognitif dimana peserta akan menjawab 45 soal terkait perpustakaan dan pustakawan yang harus diselesaikan selama 50 menit. 

Yang kedua presentasi wawancara, dimana peserta akan diberi waktu 20 menit melakukan presentasi sesuai tema yang sudah disiapkan tim juri dan 30 menit tes wawancara.

Ramli juga berharap semoga dengan adanya ajang ini dapat memotivasi para pustakawan Indonesia khususnya di Kaltara untuk lebih bersemangat dalam bekerja dan berkarya. Sehingga tercapainya tujuan dari pemilihan pustakawan berprestasi terbaik ini yaitu untuk mengembangkan profesionalisme pustakawan Indonesia. 

Juga diharapkan mampu meningkatkan motivasi, inovasi dan etos kerja pustakawan, menambah dan berbagi pengetahuan, keterampilan dan wawasan diantara para peserta, mendorong terjalinnya jaringan kerjasama jasa informasi perpustakaan yang kuat, serta untuk memberikan apresiasi kepada para pustakawan yang inovatif dan memiliki nilai yang bermanfaat.(humas/YL)