Senin, 26 Oktober 2020

Pjs Gubernur Serahkan Bantuan Ternak Sapi


TERNAK : Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi saat menyerahkan bantuan ternak sapi kepada petani Desa Pejalin, Tanjung Palas, Jumat (23/10) lalu.

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG PALAS -  Secara simbolis, Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Teguh Setyabudi menyerahkan bantuan ternak sapi kepada para petani di Desa Pejalin, Kecamatan Tanjung Palas, Bulungan, Jumat (23/10) petang kemarin.

Bantuan ternak sapi untuk kelompok peternak di desa tersebut diberikan sebanyak 15 ekor. Terdiri satu ekor jantan dan 14 ekor betina.

Tahun ini, seperti disampaikan Wahyuni Nuzban, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kaltara, pemerintah memberikan bantuan 46 ekor sapi. Sebangak 31 ekor untuk para peternak di Nunukan dan 15 ekor di Bulungan.

Dalam kesempatan itu, Teguh berpesan kepada para petani yang telah menerima bantuan agar memelihara secara serius dan dikembangbiakkan hingga menghasilkan ternak sapi yang banyak.

“Hal penting yang perlu diperhatikan dalam beternak adalah, ketersediaan pakan berkualitas, memperhatikan kandang, kesehatan dan juga sistem perkawinannya. Baik itu secara alami atau melalui inseminasi buatan,” pesan Pjs Gubernur usai menyerahkan bantuan ternak.

Melalui bantuan ternak ini, Teguh berharap, dapat menunjang perkembangan peternakan dan berhasil meningkatkan kesejahteraan petani. “Tujuan lain untuk meningkatkan ketersediaan daging, sehingga menjadikan Kaltara sebagai daerah swasembada daging,” imbuhnya.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ternak di desa Pejalin tersebut, Sekretaris Provinsi H Suriansyah, Bupati Bulungan H Sudjati, para pejabat terkait, serta sejumlah petani dan masyarakat di desa itu.(humas / YN)