Selasa, 03 November 2020

Angkatan Kerja Capai 369 Ribu Orang

//INFOGRAFIS//

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR – Data terakhir, pada 2020 jumlah pengangguran di Kalimantan Utara (Kaltara) sebanyak 20.867 orang dengan angkatan kerja sebanyak 369.526 orang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Kaltara, H Armin Mustafa mengatakan, berbagai upaya dilakukan untuk mengurangi angka pengangguran. Diantaranya penciptaan dan perluasan kesempatan kerja melalui penyediaan informasi bursa kerja atau job fair.

“Kita juga akan menyelenggarakan pemagangan dilakukan selama 5 bulan di tiap perusahaan, dengan formasi jabatan meliputi mekanik dan pembantu mekanik, welder, administrasi, resepsionis, elektrikal, ware house, pastry atau bakery, cook, waiters serta room attendant,” katanya.

Adapula pelatihan ketenagakerjaan di Balai Latihan Kerja (BLK) maupun bekerjasama dengan pihak swasta atau wirausaha, serta melakukan sosialisasi ke perusahaan terkait penempatan tenaga kerja di wilayah Kaltara. 

“Tahun ini, Disnaker Kaltara juga telah melaksanakan program pelatihan ketenagakerjaan, seperti pelatihan kewirausahaan menjahit masker yang disertai 60 orang di Bulungan, pelatihan Tata Boga 30 orang dan menjahit masker 30 orang di Kota Tarakan serta pelatihan tata boga 60 orang di Nunukan,” jelasnya.

Selain itu, juga digelar pelatihan alat berat bagi 16 orang di Jakarta, serta pemagangan dalam negeri untuk 67 orang yang ditempatkan di 16 perusahaan dengan tujuan menekankan pada pembentukan keterampilan atau praktik yang kelak menjadi dasar keterampilan dalam berwirausaha. 

“Dalam menopang upaya penurunan angka pengangguran dan kemiskinan di Kaltara ini, kami mengacu pada UU No. 13/2013 tentang Ketenagakerjaan. Disini, kami juga mendorong terbangunnya kerja sama antara Disnaker provinsi dan kabupaten/kota dengan dunia usaha. Dengan tujuan utama, menciptakan tenaga kerja profesional, berkualitas, terlatih dan berpengalaman,” tutupnya.(humas / yn)