Jumat, 13 November 2020

Kaltara Ikuti Pameran Indonesia Quality Expo 2020

PROMOSI INVESTASI : Stand Pemprov Kaltara pada Pameran Indonesia Quality Expo 2020 di DI Yogyakarta, Kamis (12/11)

KOMANDOKALTARA.COM - YOGYAKARTA - Sebagai salah satu sarana mempromosikan potensi investasi, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Utara (Kaltara) melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) mengikuti Pameran Indonesia Quality Expo 2020 yang digelar di Yogyakarta pada Kamis (12/11).

Dibuka secara resmi oleh Badan Standarisasi Nasional pada Kamis siang waktu setempat, pameran terpadu yang dilaksanakan hingga Minggu (15/11) bertempat di Jogja City Mall (JCM) Yogyakarta ini, dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Standar Dunia dan Bulan Mutu Nasional Tahun 2020.

Pada kesempatan ini, DPMPTSP Kaltara bersinergi dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kaltara, Dekranasda, Biro Perekonomian, serta Biro Humas dan Protokol. “Agar tugasnya tidak tumpang tindih, dalam hal ini Disperindagkop khusus menampilkan program-program pembinaan UMKM dan kemudian DPMPTSP dari sisi promosinya,” jelas Pelaksana Tugas (Plt) Kepala DPMPTSP Kaltara, Faisal Syabaruddin.

Lebih lanjut Faisal juga menyampaikan keterlibatan Kaltara dalam pameran ini penting karena mempromosikan potensi investasi di Kaltara. “Kita ini daerah baru, jadi harus aktif berpromosi terutama dalam investasi. Dan investasi itu kan bukan hanya dalam skala besar, dari luar saja tapi juga ada dari dalam daerah kita,” ujarnya.

“Khususnya dalam event ini kita mendorong pelaku-pelaku usaha kecil kita berkreativitas mengembangkan produknya agar nantinya siap mendukung perkembangan investasi lainnya di daerah kita,” lanjut Faisal.

DPMPTSP hadir dengan mempromosikan produk-produk khas UMKM seperti kain batik, pakaian adat, dan pernak-pernik lainnya dari Bulungan, Tidung, dan Dayak. Selain itu, DPMPTSP Kaltara juga turut menampilkan capaian kinerja di berbagai bidang oleh Pemprov Kaltara dan rencana program pembangunan lainnya terkait dengan peluang investasi yang ada di Kaltara kedepannya.

Faisal menilai bahwa dengan berpartisipasi dalam event ini dapat memperkaya referensi, meningkatkan kapasitas daya saing, pemasaran produk dan potensi bisnis, serta untuk menarik investor ke Kaltara.

“Kita mencari investor dimana saja. Slogan kita kan, Jemput-Dampingi-Layani, oleh sebab itu kita berusaha promosi seluas-luasnya. Beginilah bentuk keaktifan kita untuk menjemput investor,” sebutnya.

Invesda Expo 2020 juga diselenggarakan bersamaan dengan Pameran Pangan Nusantara, Gebyar UMKM, Koperasi dan PKBL Expo, Pesona Wisata Nusantara Expo, dan Indonesia Quality Expo.

Sejumlah kementerian dan lembaga, serta pemerintah daerah lainnya juga turut berpartisipasi pada even tahunan yang digelar untuk ke-16 kalinya ini. Acara ini diselenggarakan oleh PT Feraco selaku panitia bekerja sama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal dan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Demi keamanan dan kesehatan para peserta dan pengunjung Invesda Expo 2020, acara ini menerapkan protokol kesehatan selama penyelenggaraannya. Selain itu, acara ini juga sudah mendapat persetujuan dari Satuan Tugas Covid 19 Kabupaten Sleman.(humas / yn)