Rabu, 04 November 2020

Pjs Gubernur Launching SIAP KAKA

LAUNCHING : Pjs Gubernur Kaltara, Teguh Setyabudi saat meninjau sistem pemantauan trantibum melalui aplikasi SIAP KAKA Satpol PP Kaltara, Selasa (3/11).

KOMANDOKALTARA.COM - TANJUNG SELOR - Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara), Teguh Setyabudi me-launching proyek perubahan (Proper) Pusat Pengendalian Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat (SIAP KAKA) di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kaltara, Tanjung Selor, Bulungan, Selasa (3/11).

Proper ini diinisiasi oleh Kepala Satpol PP Kaltara Hari Kuntjoro. Inovasi ini, berupa strategi pengendalian ketertiban umum dan Ketentraman masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan pengendalian ketertiban dan ketentraman di Kaltara. “Dengan adanya SIAP KAKA maka Satpol PP Kaltara telah mendukung visi dan misi Pemprov Kaltara,” kata Teguh.

Adapun visi pembangunan daerah Provinsi Kaltara 2016-2021, yang secara khusus berkaitan dengan penyelenggaraan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat dan dituangkan melalui visi berpadu dalam kemajemukan untuk mewujudkan Kaltara mandiri, aman dan damai dengan didukung pemerintahan yang bersih dan berwibawa.

“Ini juga menunjukkan bahwa Satpol PP tidak semata masalah otot atau fisik, tapi juga berkaitan dengan skill, sikap humanisme, dan logis dalam berpikir,” jelasnya.

Tak itu saja, seluruh jajaran Satpol PP harus pula memahami mengenai perekonomian dan pendapatan daerah. “Percayalah bahwa membangun sesuatu itu lebih mudah, daripada menjaganya,” ucapnya. Terkait proper ini, Teguh berharap tak hanya menjadi formalitas semata tapi harus berkesinambungan.

Teguh juga berharap Satpol PP dapat menjadi penggerak penerapan disiplin protokol kesehatan. “Satpol PP selaku penegak peraturan daerah (Perda) harus menjadi teladan. Untuk itu, harus dimulai dengan menertibkan diri pribadi dan jaga kesiapsiagaan Satpol PP menjalankan amanah dan tanggung jawabnya,” urainya. Perlu juga menjaga soliditas dan koordinasi dengan Satpol PP kabupaten dan kota.

“Pada 2021, saya berharap dalam penganggarannya nanti, dapat diakomodir penyediaan sarana-prasarana untuk aplikasi ini termasuk kebutuhan operasional agar Satpol PP Kaltara dapat bertugas sebaik mungkin,” timpalnya.

Dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Teguh berharap agar Satpol PP dapat bersinergi dengan seluruh jajaran terkait agar dapat mendukung dan menciptakan kondusifitas suasana dalam Pilkada Serentak 2020. “Wujudkan pilkada yang aman, sukses dan lancar serta bebas dari Covid-19,” tutupnya.(humas / yn)